Soal CPNS TKB Kedokteran
Contoh Soal CPNS Substansif Kedokteran
Soal Khusus CPNS Kedokteran
Penggunaan: Seluruh CPNS Pusat dan CPNS Daerah

Soal Ujian CPNS TKB Kedokteran adalah merupakan bentuk soal test kompetensi ilmu kedokteran yang diberikan kepada peserta test dari kalangan kedokteran. Soal ini akan membahas mengenai kasus kasus kesehatan yang terjadi di lingkungan masyarakat luas selain pengetahuan kesehatan yang sifatnya khusus.

Soal TKB Kedokteran ini diberikan setelah peserta test CPNS mengikuti test CPNS tahap pertama yang meliputi Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum dan Test Kepribadian

Seorang bayi perempuan berusia 32 jam dibawa ke Puskesmas dengan keluhan tampak kuning. Bayi lahir cukup bulan dari seorang ibu dengan HIV nonreaktif pada perinatal, Streptococcus grup B negative, Hepatitis B negative. Pada pemeriksaan fisik didapatkan secara klinis anak tampak sehat, terlihat kuning di dada. Pemeriksaan golongan darah ibu O+, dan ayah B+. Apakah penyebab kuning yang paling mungkin?
A. Ikterus yang fisiologis
B. Ikterus oleh karena ASI
C. Inkompatibilitas ABO
D. Atresia biliaris
E. Sepsis

Seorang laki-laki berusia 65 tahun datang ke UGD dengan gejala sumbatan usus. Anamnesis lebih lanjut diketahui bahwa dia pernah operasi perut 20 tahun yang lalu. Pada pemeriksaan fisik ditemukan benjolan pada scar bekas operasi perut. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien ini?
A. Umbilical hernia
B. Spigelian hernia
C. Paraumbilical hernia
D. Epigastric hernia
E. Ventral hernia


Seorang laki-laki berusia 68 tahun, perokok, pasien DM tipe 2, datang dengan nocturia. Dia melaporkan adanya pancaran urine yang lemah, volume urine normal, dan perasaan buang air kecil, tidak lampias. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
A. Acute cystititis
B. Bacterial urethritis
C. Benign prostatic hypertrophy
D. Diabetic vesical dysautonomy
E. Hyperglycemia abd glycosuria

Soal CPNS Kompetensi Bidang Kedokteran sudah tidak diperjual belikan, untuk tahun 2014 silakan anda lakukan pembelian Paket LKIT 2014